Tuesday, April 28, 2020

Program Akar Kimeng Sejak Dini

Beringin kimeng atau ficus microcarpa adalah salah satu jenis pohon ficus yang sangat potensial untuk dibudidaya sebagai bahan bonsai. Pertumbuhannya yang cepat dan perawatannya yang mudah membuat tanaman ini banyak digemari oleh pebonsai tanah air. Dalam pembudidayaannya dapat diperoleh dengan cangkok maupun stek batang.

Kimeng termasuk jenis pohon yang bandel jika sudah hidup,banyak perlakuan yang dilakukan oleh para pebonsai seperti melukai,memahat,menempel dan sebagainya. Meskipun bandel,tanaman dari keluarga ficus ini juga bisa busuk batang jika perawatannya kurang tepat seperti media terlalu lembab dan tanaman ini digemari oleh ulat yang suka makan kulit kayunya yang bisa menyebabkan busuk batang dan mati.

Untuk meminimalisir serta untuk menanggulanginya bisa menggunakan media yang poros dan semprot pestisida secara berkala.

Kali ini kami akan sharing tentang programan akar pada pohon kimeng supaya memiliki kaki yang kokoh menjalar ke segala sisi seperti gambar dibawah.
Program Akar Kimeng Sejak Dini
img by Ki Joyo Sentono

Kita memprogram akar kimeng sejak dini agar perawatannya mudah,bahan bisa dari hasil stek maupun cangkok.Langkah yang pertama,cabut pohon kimengnya.
Program Akar Kimeng Sejak Dini

Kemudian belah menjadi 4 bagian menggunakan pisau atau cutter seperti gambar dibawah.
Program Akar Kimeng Sejak Dini

Kasih benda dibagian tengah pohon,saya menggunakan batu kerikil seperti gambar dibawah supaya ke empat sisi bagian tersebut mekar.
Program Akar Kimeng Sejak Dini

Dalam proses penanamannya akar juga harus ditata,bagian bawahnya dikasih alas supaya pertumbuhan akarnya kesamping.
Program Akar Kimeng Sejak Dini

Biarkan pohon tersebut hidup subur,nanti pembelahan batang dapat dilakukan pada sisi yang lain. Lakukan langkah tersebut secara berkala,bisa 3 bulan sekali atau lebih tergantung kesuburan pohon,semakin subur semakin cepat prosesnya. Tetap konsisten dengan bagian akar terlebih dahulu sampai benar-benar sudah sesuai dengan yang kalian inginkan. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner