Thursday, April 30, 2020

Mengenal Pohon Rukem Untuk Bonsai

Rukem atau rukam adalah jenis tanaman lokal Indonesia. Tanaman ini memiliki 1 nama dengan dua jenis tanaman yang berbeda, yang pertama adalah rukem atau rukam yang biasanya di kenal karna buahnya dan yang kedua adalah rukam yang di kenal karna bisa di bonsai, pohon ini sangat berbeda mulai dari batang hingga daunnya memiliki perbedaan tersendiri, namun masih banyak kawan-kawan pembonsai yang keliru untuk menyebutkan atau mengenali pohon rukem ini.

Rukam biasanya di kenal masyarakat karna buahnya, konon rasa buahnya asam manis segar dan populer di masa lalu, sedangkan yang satu lagi rukem yang biasa di gunakan untuk di bonsai atau yang memiliki nama ilmiah Flacourtia indica. Nah jika kalian ingin membuat bonsai rukem saya sarankan untuk menggunakan pohon flacourtia indica bukan flacourrtia rukam.

Pohon flacourtia indica juga bisa berbuah namun rasanya tidak terlalu masam atau manis, buahnya kecil berwarna hijau dan keras, jika sudah tua biasanya berwarna agak gelap dan kusam, berbeda dengan rukam yang di kenal karna buahnya.

Daun pohon rukem Flacourtia indica tentu saja sangat berbeda dengan Flacourtia rukem, umumnya daun rukem yang biasa di gunakan untuk bonsai (Flacourtia indica) memiliki bentuk daun yang kecil sedikit tipis dan berwarna hijau muda saat masih muda meskipun terlihat sedikit kemerahan, sedangkan flacourtia rukam memiliki daun yang berwarna merah saat muda dan bentuk daun yang jauh lebih besar. Berikut ini adalah perbedaan dengan gambar.
Mengenal Pohon Rukem Untuk Bonsai
Daun Pohon Rukam (kiri) dan Rukem bonsai (kanan)

Mengenal Pohon Rukem Untuk Bonsai
Buah Rukem bonsai (kiri) dan Rukam buah (kanan)

Pohon Flacourtia indica biasanya memiliki duri yang panjang dan sangat padat, sedangkan pohon rukam yang dikenal karna buahnya meskipun memiliki duri namun tidak sebanyak duri di pohon rukam Flacourtia indica.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner