Tuesday, August 27, 2019

Membuat Bonsai Tanuki

Tanuki bonsai adalah bagian dari teknik bonsai yang menggabungkan antara tanaman hidup dengan tanaman yang sudah mati. Jika untuk mendapatkan batang bonsai yang terkesan tua dan besar dibutuhkan waktu yang lama, maka dengan teknik ini sobat bonsai bisa membuat bonsai yang terkesan tua dalam waktu yang relatif singkat dan tidak butuh waktu hingga bertahun-tahun.

Ada banyak tanaman tua yang sudah mati dan memiliki bentuk yang artistik, sobat bonsai bisa memanfaatkannya untuk membuat bonsai agar terkesan tua dengan menggunakannya sebagai media untuk menempelkan batang hidup pada alur batangnya. Kalian bisa menggunakan tanaman hidup apa saja yang diinginkan, misalnya Serut, cemara, loa, santigi, anting putri, asam jawa dan lain sebagainya.

Namun yang paling umum atau yang sudah banyak dibuat oleh para pebonsai luar negeri adalah dengan menggunakan pohon jenis Cemara (juniperus). Memilih jenis pohon ini karena kelenturan dan kekuatannya dan juga mampu bertahan hidup yang keras.

Cara membuat bonsai tanuki yang pertama adalah siapkan dulu kayu yang mati dan juga pohonnya yang akan ditempel,setelah itu buatkan alur pada batang pohon yang mati dengan menggunakan bor ataupun tatah ukir dengan lubang bagian dalam lebih besar. Diharapkan jika pohon yang kita tempelkan membesar ia akan mengikat dan nempel dengan baik pada kayu mati. Berikut adalah contoh mentahnya,
Membuat Bonsai Tanuki

Untuk Gambar bonsai tanuki bisa kalian lihat pada artikel kami tentang Inspirasi Bonsai Tanuki.Semoga bisa dijadikan sebagai inspirasi dalam membuat karya bonsai kalian sendiri.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner