Saturday, February 2, 2019

Beringin Kimeng (Ficus microcarpa)

Kimeng atau beringin kimeng atau disebut juga dengan Chinese banyan, Malayan banyan, Indian laurel, curtain fig, maupun gajumaru (ガジュマル) ini merupakan salah satu tanaman dari keluarga ficus atau masih satu kerabat dengan Pohon Beringin,Pohon Loa dan Pohon Iprik.

Di beberapa negara seperti India, Malaysia, Cina dan Jepang,pohon ini sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Di Jepang, kulit kayu, akar gantung dan daun kering-nya digunakan untuk melawan rasa sakit dan demam, sedangkan di Cina tanaman ini secara tradisional digunakan antara lain untuk melawan flu, malaria, bronkitis dan rematik. Tapi di negara kita hanya dikenal sebagai beringin hias saja dan sangat populer dijadikan bahan bonsai.

Pohon kimeng ini mudah hidup dan perawatannya pun tidak sulit,juga mudah untuk dibentuk bonsai. Ciri-ciri pohon kimeng jika dibedakan dengan jenis beringin lainnya adalah daunnya lancip,agak tebal jika dibandingkan dengan beringin biasa (lokal),batang tua putih,batang muda coklat berbintik.Lihat Gambar Bonsai Kimeng

Ada satu jenis beringin yang hampir mirip seperti Beringin Kimeng,yaitu Beringin Elegan,tapi untuk beringin elegan daunnya lebih tebal dan kaku,batangnya juga lebih kuat dibanding dengan batang kimeng yang agak lentur. Berikut adalah contoh daun dan batang pohon kimeng atau beringin kimeng yang juga dikenal dengan Beringin Taiwan.
Beringin Kimeng (Ficus microcarpa)

Beringin Kimeng (Ficus microcarpa)

Beringin Kimeng (Ficus microcarpa)

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner