Wednesday, November 14, 2018

Tanaman Hokiantea/Sidogurih

Hokianti atau hokiantea adalah salah satu tanaman yang biasa dijadikan Bonsai di Asia.Tanaman ini memiliki karakter yang bagus untuk di bonsai,yaitu kayunya yang berwarna agak putih,agak berkerak sehingga  terkesan tua meskipun masih muda dan daunnya kecil. Daun mengkilap dan agak kasar,bertumpuk antara 3-4 helai daun,mudah tumbuh ranting sehingga sangat cocok untuk pemula dalam membuat bonsai.

Dikenal ada 2 hokiantean yang sudah umum di tanam,yaitu Hokian Buah Erethia (Carmona Mycrophilla) yang berbuah dan yang tak berbuah (Carmona Retusa). Pohon ini kebanyakan digunakan untuk pagar pekarangan rumah.Nama lokal untuk tanaman ini adalah gambiran, sedangkan diluar negeri dikenal dengan Fukien Tea.
Tanaman Hokiantea/Sidogurih

Habitat alami pohon ini dapat ditemukan di pegunungan ataupun perbukitan,namun kadang juga dijumpai di daerah pinggiran sunga.Daun kecil dengan tekstur agak kasar dan bagian ujung bergerigi.Berbunga putih dan berbuah kecil-kecil,warna buah berbeda-beda antara buah muda dan tua. Buah muda berwarna hijau  berubah kekuningan kemudian berubah menjadi merah yang kemudian mengering.

Tanaman ini mudah hidup,namun akar cepat penuh jika ditanam kedalam pot,jadi harus memahami tingkat kesuburan tanaman ketika pertumbuhannya sudah mulai bermasalah,kemungkinan akar sudah penuh dan perlu di prunning akar atau di tanam dalam pot yang lebih besar maupun di ground. Untuk melihat contoh gambar bonsai hokiantea bisa menuju halaman Bonsai Hokian/Fukian tea.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner