Tuesday, January 7, 2020

Pohon Johar

Johar atau juar adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras yang termasuk suku Fabaceae (polong-polongan). Pohon ini juga dikenal dengan nama-nama yang mirip, seperti juwar ( Btw. , Jw. , Sd. ), atau johor ( Mly. ). Di Jawa sering juga disebut jati wesi. Di Sumatra, pohon ini dinamai pula bujuk atau dulang.Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut dengan beberapa nama seperti black-wood cassia, Bombay blackwood, kassod tree, Siamese senna dan lain-lain. Nama ilmiahnya, siamea , merujuk pada tanah asalnya, yakni Siam atau Thailand.
Pohon Johar

Asal usul johar adalah dari Asia Selatan dan Tenggara.Di Indonesia , johar diketahui tumbuh alami di Sumatra. Johar dapat tumbuh baik pada pelbagai kondisi tempat, akan tetapi paling cocok pada dataran rendah tropika dengan iklim muson, dengan curah hujan antara 500–2800 mm (optimum sekitar 1000 mm) pertahun, dan temperatur yang berkisar antara 20—31 °C. Johar menyukai tanah-tanah yang dalam, sarang, dan subur. Tanaman ini tidak tahan dingin dan pembekuan, tidak bagus tumbuhnya di atas elevasi 1300 m dpl.

Ciri Pohon johar tinggi dapat mencapai 20 m atau lebih dengan batang lurus dan pendek, gemang jarang melebihi 50 cm.Pepagan (kulit batang) berwarna abu-abu kecoklatan pada cabang yang muda,percabangan melebar membentuk tajuk yang padat dan membulat. Daun menyirip genap, 10 – 35 cm panjangnya dengan tangkai bulat sepanjang 1,5 — 3,5 cm yang beralur dangkal di tengahnya. Pangkal dan ujungnya membulat atau menumpul, gundul dan mengkilap di sisi atas, dengan rambut halus di sisi bawah.

Bunga terkumpul dalam malai di ujung ranting, panjang 15 –60 cm, berisi 10 — 60 kuntum yang terbagi lagi ke dalam beberapa tangkai (cabang) malai rata. Kelopak 5 buah, oval membundar, 4 – 9 mm, tebal dan berambut halus. Mahkota bunga berwarna kuning cerah, 5 helai, gundul, bundar telur terbalik.

Sebelum tenar pohon Tabebuya,pohon inilah yang memiliki elemen bunga kuning untuk taman maupun peneduh jalan. Perbanyakan pohon ini dapat dilakukan melalui biji.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner