Tuesday, May 14, 2019

Pohon Karet Kebo

Karet kebo (Ficus elastica) adalah spesies tumbuhan yang berasal dari genus ficus atau berkerabat dengan pohon Beringin. Habitat asli pohon ini berasal dari timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China (Yunnan), Malaysia, dan Indonesia. Kemudian dibawa ke Sri Lanka, Hindia Barat, dan Negara bagian Florida. Tumbuh liar dengan ketinggian mencapai 25-30 meter, diameter batang sampai 2 meter.

Dalam bahasa daerah pohon ini dikenal dengan nama karet kebo (jawa), karet merah, bak rambong (aceh), batang kajai (sumatra barat), rubber plants (inggris) merupakan tanaman hias sekaligus tanaman pelindung. Berbentuk pohon serta memiliki umur panjang (parenial) dengan tinggi mencapai 25-30 meter dan mampu hidup hingga ketinggian 500 meter dpl. Ciri - ciri  memiliki akar tunggang dan akar udara berwarna coklat. Batang Tegak, bentuk bulat, percabangan simpodial, permukaan kulit kasar, warna coklat tua.
Pohon Karet Kebo

Daun tunggal berseling, bentuk lonjong, tepi rata, ujung dan pangkal meruncing, panjang 15-20 cm, lebar 8-15 cm, bertangkai pendek, pertulangan menyirip, permukaan halus. Bunga  tunggal, berkelamin satu, kelopak berwarna hijau bentuk mangkok, benang sari berwana putih panjang ± 7 mm, kepala sari berwarna hitam bentuk bulat, putik panjang 1-2 cm, kepala putik bulat, hitam, mahkota bentuk pita, halus, kuning. Buahnya bulat, diameter 1-2 cm berwarna hijau kehitaman.Daun berkembang di dalam selubung pada apikal meristem, yang tumbuh lebih besar sebagai daun baru berkembang. Ketika dewasa, selubung ini gugur.

Pohon ini memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Bagian akar karet kebo berguna untuk mengobati penyakit bisul, maag, rematik dan nyeri sendi. Getah karet kebo untuk bahan pembuatan karet, pengobatan bisul dan pada bagian daun karet kebo untuk membantu pengobatan stroke.Budidaya tanaman ini bisa diperbanyak dengan stek batang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner