Wednesday, May 15, 2019

Buah Karendang (Carissa carandas)

Buah karendang (Carissa carandas) ini termasuk jenis tanaman dari suku Apocynaceae yang juga dikenal dengan nama Buah Samarinda atau Senggaritan. Tanaman ini berupa tanaman perdu, bercabang banyak, dan berduri. Daunnya tunggal, berhadapan, helai daun lonjong, ujung bulat, pangkal bulat, tepi rata, dan berwarna hijau. Masih berkerabat dekat dengan Natal plum (Carissa macrocarpa).

Pembungaannya berbentuk payung muncul di ujung cabang dan ketiak daun, dengan benang sari melekat pada dasar bunga. Buahnya buni, lunak,jika masih muda berwarna merah cerah setelah tua berwarna ungu atau kehitaman dan memiliki biji bulat pipih.
Buah karendang (Carissa carandas)

Buah karendang memiliki berbagai khasiat obat, yaitu buahnya untuk obat sariawan dan obat demam, sedangkan akarnya untuk obat cacing. Kandungan dari tanaman ini adalah saponin, flavonoida, polifenol, dan alkaloid.

Tanaman ini rajin berbunga dan berbuah. Namun demikian, biji dari buah yang matang dan jatuh, hampir tidak pernah berkecambah dan tumbuh menjadi bibit baru. Perlu tindakan ekstraksi buah yang sudah matang untuk mendapatkan bijinya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner