Tuesday, January 7, 2020

Bunga Wijayakusuma

Bunga Wijayakusuma atau disebut juga dengan Bunga Wiku (Fishbone cactus) ini merupakan jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae.Tanaman ini berasal dari Amerika (Amerika tropika,Venezuela dan Caribia)) dan dapat hidup pada daerah dengan iklim sedang sampai beriklim tropis.

Meskipun begitu, tidak semua jenis tanaman ini bisa berbunga karena hal ini dipengaruhi oleh keadaan iklim, kesuburan tanah juga cara pemeliharaan.Bunga Wijayakusuma hanya merekah dalam semalam, kecuali yang jenis hibrida bisa bertahan antara 2-3 hari.
Bunga Wijayakusuma
gambar oleh Edy Piero

Pada umumnya tanaman jenis kaktus agak sulit ditentukan morfologinya, berbeda halnya dengan wijayakusuma. Tanaman ini mudah diidentifikasi setelah berusia tua, kita dapat melihat mana daunnya, mana batangnya, dan bagian-bagian yang lain.

wib.Batangnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil yang mana bentuk batang induknya adalah silinder.Tinggi batang dapat mencapai 2-3 meter, sedang daunnya berkisar 13–15 cm.Helaian daunnya sendiri berbentuk pipih serta berwarna hijau dengan permukaan daun halus tanpa duri tidak seperti kaktus-kaktus yang lain.

Kemudian setiap tepian daunnya terdapat lekukan-lekukan yang biasanya ditumbuhi tunas daun maupun bunga. Bunganya sangat indah dengan diameter bunganya adalah 10 cm, berwarna putih dan hanya mekar di malam hari,Kenop bunga ini mulai terbuka setelah matahari terbenam, dan mekar sempurna mulai pukul 22:00 .Bentuk buahnya bulat yang mempunyai warna merah dan mempunyai biji yang berwarna hitam.Pembiakkan biasanya dilakukan dengan penyetekkan ataupun biji.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner