Wednesday, May 1, 2019

Pohon Buah Belimbing (Starfruit)

Pohon belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke berbagai penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii.

Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan.
Pohon Buah Belimbing (Starfruit)
doc  Cindy Tani Unggul

Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh kelelawar.

Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang sehingga dijuluki sebgai Starfruit. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.(source wikipedia)

Dikalangan pebonsai,jenis pohon buah yang satu ini juga bisa dibuat sebagai  tanaman penghias dalam pot ceper sehingga terlihat sangat artistik terutama ketika sedang berbuah. Jenis bonsai yang dibuat dari pohon belimbing ini banyak dilakukan oleh pebonsai Vietnam yang contoh gambar bonsainya bisa klaian lihat pada artikel kami tentang Gambar Bonsai Buah Belimbing.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner