Friday, February 1, 2019

Pohon Ipik/Beringin Karet

Pohon Preh/Iprik (Ficus Retusa) Pohon preh atau ipik atau beringin belibis atau banyak lagi nama-nama untuk menyebutkan tentang spesies ficus yang satu ini di Indonesia. Pohon yang masih berkerabat dengan beringin ini banyak dijumpai di Indonesia,biasanya ditanam sebagai pohon perdu/perindang di halaman rumah. Memiliki kesan angker dengan daunnya yang rimbun dan memiliki akar angin yang menjalar dari atas kebawah dan bisa membesar jika dibiarkan.
Pohon Ipik/Beringin Karet

Sekilas,batang tanaman ini mirip dengan batang Pohon Kimeng (beringin taiwan). Jenis pohon ini merupakan jenis ficus yang banyak dicari di alam liar,umumnya diambil bagian akarnya yang menggantung,maupun batangnya. Bagian tersebut diambil untuk ditanam ulang dan sebagai batang bawah untuk sambungan dengan jenis ficus yang lain seperti Kompakta,Elegan,Dolar,Korea maupun kimeng.

Ciri-ciri pohon ini berdaun agak bulat,ujung daunnya oval,tumbuh rimbun. Dikenal ada 3 jenis pohon preh atau beringin karet ini,diantaranya yang berpucuk merah,hijau dan silver. Batang dan akar pohon ini sering dijadikan batang bawah untuk penyambungan pucuk seperti yang kami jelaskan diatas untuk bonsai taman.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner