Tuesday, April 30, 2019

Pohon Bodhi

Pohon Bodhi (Ficus religiosa L.) merupakan salah satu jenis Ficus atau yang masih sekerabat dengan Pohon Beringin. Pohon ini dikenal dalam agama Buddha sebagai tempat Sang Buddha Gautama bersemedi dan mencapai pencerahan. Pohon ini dipandang suci oleh penganut agama Hindu, Buddha, dan Jainisme.

Pohon "Mahabodhi" juga dikenal sebagai Bo (dari bahasa Sinhalese) dan pohon peepal di Nepal dan Bhutan, adalah sebuah pohon yang besar dan tua dari spesies Ficus religiosa (bahasa Inggris: Sacred Fig) yang terletak di kota Bodh Gaya, sekitar 100 km (62 mi) dari Patna, di negara bagian Bihar, India.
Pohon Bodhi

Di bawah pohon ini Siddhartha Gautama, guru rohani yang kemudian dikenal sebagai "Gautama Buddha", dikatakan bersemedi sampai mencapai pencerahan (enlightenment), atau Bodhi. Dalam ikonografi agamawi, pohon Bodhi dikenali dari daunnya yang berbentuk hati, dan biasanya ditunjukkan dengan nyata. Pohon-pohon Bodhi biasanya ditanam di dekat setiap vihara Buddha seperti dilansir dari situs wikipedia.

Pohon Bodhi memiliki ciri berdaun lebar dan membentuk seperti lambang hati (love). Tipical pohon perdu dan sangat bisa untuk dijadikan sebagai pohon Bonsai meskipun daunnya agak besar.Lihat pada artikel selanjutnya untuk melihat contoh gambar Bonsai Pohon Bodhi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner