Monday, May 25, 2020

Membuat Batu Tiruan Dengan Sterofoam Untuk Bonsai Penjing

Membuat bonsai dengan tema penjing (rock penjing) adalah sangat menyenangkan untuk kreativitas kita dirumah. Dengan penjing,kita dapat menciptakan keindahan alam tanpa menghilangkan ketidaksempurnaan alam . Ada banyak kebebasan kreativitas yang dapat dilakukan dengan membuat bonsai penjing. Kita lebih banyak melakukan seluruh presentasi alam, pesan tematik , simbolisme dan puisi dalam sebuah wadah (pot) yang dangkal.

Presentasi alami tanpa terlalu banyak estetika yang detail terhadap anatomi pohon. Penjing memiliki lebih banyak ekspresi subyektif, dengan referensi emosional individu yang sangat kuat. Kesempurnaan anatomi bukan persyaratan utama dalam penjing karena alam tidak sempurna. Keterampilan rekayasa teknik penting untuk bonsai tidak begitu penting dalam penjing . Sebaliknya , penerapan keterampilan harus relevan dengan pohon agar berhasil menyampaikan pesan tematik untuk pemirsa.

Material batuan yang paling bagus adalah dengan menggunakan batuan asli. Tapi kita bisa membuat batu tiruan dengan menggunakan adonan semen jika susah mendapatkan batuan yang bagus atau dengan alasan biar tidak terlalu berat beban dalam pot.

Berikut ini kami berikan contoh pembuatan batu tiruan (artificial rock) dengan bahan dasar semen dan kerangka dalam sterofoam atau gabus. Kami memilih bahan sterofoam karena lebih ringan dan lebih mudah dalam membuat motifnya. Pembuatannya adalah sebagai berikut.

1. Susun sterofoam lalu bentuk dengan cutter atau api lilin untuk membuat pola dasar batu.


2. Buat adukan semen kemudian tempelkan pada seluruh bagian sterofoam tadi.


3. Atur bentuk selagi semen belum mengeras sambil bermain motif sesuai dengan imajinasi masing-masing.



4. Jika dirasa sudah cukup,biarkan sampai kering baru kita setting dalam pot yang kita gunakan,setelah itu baru kita beri media tanam dan tanaman yang untuk pembuatan bonsai gaya penjing.


Sesuaikan tanaman bonsai kita,jangan kegedean ataupun kekecilan,akan lebih menarik dalam pandangan lebih jauh. Nah itu tadi proses pembuatan batu tiruan untuk penjing,jika ada pertanyaan silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau pada halaman facebook sobat bonsai. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner