Sunday, December 2, 2018

Pohon Ampelas Putih (Ficus Ampelas)

Pohon Ampelas atau Hampelas maupun rampelas ini adalah salah satu pohon jenis Ficus yang memiliki nama ilmiah Ficus ampelas. Di alam liar,pohon ini tingginya sampai 20 meter dengan gemang 50 cm, tumbuh di seluruh Indonesia, tersebar pada ketinggian kurang dari 1.300 m dpl. Batang dari pohon hampelas berdiri tegak, bulat, dan mempunyai percabangan simpodial. Daunnnya tunggal, berseling, lonjong, tepi bergerigi dan bertekstur kasar. Daun, akar dan batang pohon hampelas mengandung zat-zat kimia seperti saponin, flavonoida dan polifenol yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk manusia.

Perbedaannya dengan amplas hitam adalah daun lebih tebal dan kaku,lebih mengkilap dan batang berwarna putih.Sedangkan untuk ampelas hitam batangnya berwarna hitam,dan daunnya tipis serta bergerigii di bagian ujungnya,namun ada juga pohon ampelas hitam yang batangnya dan daunnya mirip seperti Pohon Serut.
ficus ampelas

Pohon rempelas putih ini sering dijumpai di pinggiran sungai,tebing-tebing,menempel pada pondasi jembatan maupun bangunan tua,di kebun dan sangat mudah untuk dibedakan dengan pohon lainnya.Penyebarannya cukup merata karena buah dari pohon ampelas ini disukai oleh burung-burung pemakan buah-buahan. Kemudian burung itu terbang jauh dan biji-biji pohon ampelas tersebut terbawa oleh burung dan akan tersebar melalui kotoran burung tersebut.

Jadi tak heran jika kita sering melihat pohon-pohon ampelas putih ini dapat tumbuh dimana-mana,terlebih jika di daerah tersebut ada satu pohon yang sudah sering berbuah.Buah dari pohon ampelas berwarna hijau dan akan berganti warna menjadi kuning dan memerah ketika mulai masak.Berukuran kecil-kecil yang menempel pada ketiak daun.

Pohon ini sangat populer untuk dijadikan sebagai pohon Bonsai,Silahkan menuju artikel selanjutnya untuk melihat Gambar Bonsai Ampelas.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner