Monday, December 3, 2018

Bunga Bugenvil/Bougenville

Bugenvil atau bougenville yang di negara kita sering disebut kembang atau bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas. Nama Inggris bunga ini adalah Bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis. Bougenville merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini sering ditanam di taman dan kawasan perumahan sebagai tanaman peneduh dan juga untuk penghias taman.

Berbunga lebat dan di negara kita akan sangat lebat ketika musim kemarau atau jika ingin membuatnya berbunga,kita bisa membuatnya dengan terapi stress air.Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya.
Bunga Bugenvil/Bougenville

Tanaman bugenvil ini mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tanaman bougainvillea menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah. Batang tanaman bunga ini agak keras, mempunyai duri yang tajam dan bercabang-cabang. Perkembang biakannya pula hanya memerlukan keratan batang yang disemai di dalam bungkus plastik ataupun pot dengan cara mudah. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai sulur yang rapat, daun yang lebar dan berbentuk bujur tirus yang mampu membentuk rimbunan pokok di kawasan halaman rumah atau juga sebagai tumbuhan pagar di kawasan yang menarik.

Bougenvillea memiliki beberapa spesies diantaranya yang berdaun besar (Bougenvillea Spectabilis) dan yang berdaun kecil (Bougenvillea Glabra).Untuk warna bunganya terdapat sangat banyak sekali macam warnanya,ada merah,putih,ungu dan bisa dibuat bermacam-macam warna bunga dalam satu pohon dengan metode sambung pucuk.

Bugenvil ini sangat bagus untuk dijadikan bahan bonsai terutama yang berdaun kecil. Penanaman pohon ini sangat mudah karena memang mudah hidup dengan hanya memotong batang tanaman lalu menancapkannya dalam tanah atau dengan stek,tapi jika tidak mau mengambil resiko mending menggunakan tehnik cangkok.Untuk melihat contoh bonsai bugenvil bisa menuju halaman Bonsai Bogenville.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner