Saturday, December 1, 2018

Pohon Boxus/ Boksus

Buxus atau Boxwood adalah salah satu spesies tanaman yang bisa dijadikan sebagai tanaman bonsai. Di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya penggemar bonsai lebih sering diucapkan dengan nama boksus atau buksus untuk pelafalan kata yang mudah.Tanaman ini merupakan jenis tanaman semak. Dalam literatur botani nya,tanaman ini termasuk dalam family Buxaceae yang di dalamnya terdapat lebih dari 50 spesies tanaman.

Di Indonesia yang paling banyak dan paling mudah dijempai adalah jenis Buxus balearica. Ini bukan tanaman lokal,jadi buat yang mau mencari koleksi jenis tanaman ini harus mencarinya di toko tanaman hias maupun di bursa tanaman yang biasanya ada di pameran.
Pohon Boxus/ Boksus
daun pohon boxus

Boxus atau buksus ini memiliki ciri khas pada batang yang unik bertekstur sehingga terkesan seperti pohon tua.Berdaun kecil-kecil dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan bonsai.Perkembang biakan dapat dilakukan dengan cara stek dan cangkok batang.Bonsai Buxus/Boksus

Untuk perawatannya sendiri juga mudah,tapi jika Anda baru dapat tanaman ini sebaiknya jangan langsung dipotong habis untuk langsung dibuat bonsai karena perlakuan yang berlebihan akan membuat tanaman ini terganggu kehidupannya dan bisa mati. Alangkah lebih baiknya jika pemotongan cabang dilakukan secara bertahap untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner