Monday, October 29, 2018

Pohon Serut

Pohon serut atau Streblus asper menjadi salah satu favorit tanaman bonsai di Indonesia. Dalam bahasa Inggris,pohon serut dikenal dengan nama Sandpaper Tree, Siamese Rough Bush, dan Toothbrush Tree.  Tersebar di kawasan Asia mulai dari Bhutan, Kamboja, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Nepal, Filipina, Sri Lanka, Thailand, Vietnam. Di Indonesia dapat dijumpai mulai di pulau Sumatera, Jawa, Madura, Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, dan Maluku. Habitatnya adalah semua jenis hutan di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dpl.

Tanaman asli Asia Tenggara ini dipercaya mempunya khasiat sebagai tanaman herbal,tapi juga dianggap salah satu pohon yang memiliki aura mistis. Dalam dunia mistis, pohon serut juga dikenal sebagai salah satu pohon bertuah. Konon pohon ini mempunyai aura dingin yang bermanfaat untuk menangkal santet atau teluh.

Pohon serut berukuran sedang dengan tinggai antara 4-15 meter. Kulit batang putih keabu-abuan. Daun serut berbentuk bulat telur, lonjong, dengan panjang antara 4 – 12 cm. Berwarna hijau dengan permukaan daun kasar, tepi daun bergerigi, ujung daun runcing, pangkal daun meruncing, dan tulang daun menyirip.
pohon serut

Termasuk jenis pohon monoecious atau berumah satu, di mana bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah namun masih dalam satu pohon. Bunganya berwarna kehijauan-kuning dimana bunga jantan muncul di ketiak, kepala peduncled atau paku, sedangkan bunga betina tumbuh berkelompok. Buah berwarna kuning pucat, berbentuk bulat dengan diameter sekitar 8-10 milimeter.

Pohon serut sering diburu untuk dijadikan sebagai bahan bonsai,baik bonsai dalam pot maupun bonsai taman yang besar.Pohon ini cukup bandel jika sudah hidup,tapi untuk menghidupkannya dari hasil dongkelan membutuhkan cara-cara khusus.Ada berbagai cara,media tanam yang biasa digunakan untuk menanam serut yang masih baru biasanya menggunakan pasir sungai kemudian disungkup rapat dan meletakkannya di tempat yang teduh.

Jangan buka sungkup sebelum tunas-tunas barunya muncul,akan lebih baik lagi jika pembukaan sungkup dilakukan setelah tunas barunya mencapai panjang sejengkal.Biarkan tumbuh subur dulu sebelum dipindah kedalam pot agar akar serabutnya banyak dan membuat tanaman tidak mudah stress ketika dipindah.Untuk Bonsai Serut nya bisa kalian cari di situs ini atau klik saja tautan link tersebut.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner