Sunday, May 17, 2020

Pohon Gayam

Gayam adalah jenis pohon anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dapat tumbuh setinggi 20 meter dengan diameter 4 hingga 6 meter. Nama lainnya adalah gatep (Bali dan Lombok), tahitian chestnut (bahasa Inggris). Pohon ini biasa ditanam di pedesaan sebagai peneduh pekarangan dan kuburan. Pohon ini seringkali tumbuh berdekatan dengan kolam atau mata air sehingga diduga memiliki kemampuan menyerap air yang kuat dari sekitarnya. Karena anggapan itu, gayam juga merupakan salah satu tumbuhan penghijauan yang sangat baik.

Pohon gayam diperkirakan merupakan tumbuhan asli dan berasal dari daerah Indonesia yang lalu tersebar secara luas ke banyak sekali daerah tropis di Asia Pasifik. Tanaman ini tumbuh di daerah dataran rendah tropis yang lembab sampai ketinggian 500 meter dpl.
Pohon Gayam

Pohon gayam dipercaya sebagai pohon yang dapat menyimpan atau mendekatkan air ke permukaan tanah sehingga air jernih mudah didapatkan di sekitar pohon tersebut.Daunnya yang selalu lebat memberikan rasa teduh dan suasana tenang di sekitarnya.

Pohon yang sudah tua umumnya terlihat sangat eksotik dengan ciri khas batang memipih atau menggepeng seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Pemanfaatan Gayam. Buah gayam yang telah tua dan masak tidak bisa dimakan langsung. Buah dari Inocarpus fagiferus ini sebelum dimakan harus direndam air lalu direbus atau dibakar. Buah gayam yang telah dimasak ini dikonsumsi sebagai makanan ringan. Buah gayam bisa juga dijadikan produk olahan semisal emping (keripik gayam)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner