Thursday, May 28, 2020

BUXUS (Buxus microphylla)

Buxus microphylla yang juga dikenal dengan Japanese box maupun littleleaf box ini adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Buxaceae yang ditemukan di Jepang dan Taiwan.Tanaman ini termasuk jenis tanaman semak kerdil atau pohon kecil yang tumbuh hingga 1 m tinggi dan lebar.
Buxus microphylla

Daun hijau cerah dengan panjang antara10–25 milimeter (0,39-0,98 in), berbentuk oval dengan ujung bulat atau berlekuk.Spesies ini pertama kali dideskripsikan dari tanaman budidaya Jepang yang asalnya tidak diketahui. Mereka tidak dikenal di alam liar.

Tanaman dari Taiwan dibedakan sebagai Buxus microphylla var. tarokoensis S.Y.Lu & Y.P.Yang. Tumbuhan dari Cina dan Korea sebelumnya sering disebut sebagai Buxus microphylla var. sinica tapi sekarang nama tersebut dijadikan sebagai spesies yang berbeda,yakni Buxus sinica.

Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias, baik di daerah asalnya dan di tempat lain di daerah beriklim sedang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Buxus microphylla var. compacta (Kingsville dwarf boxwood) dan kultivar sejenis sering digunakan untuk bonsai.

Tanaman  ini sudah banyak beredar di dunia tanaman hias di Indonesia,khususnya untuk jenis tanaman bonsai. Nama lokal di daerah saya disebut dengan Hwayang. Bagus dijadikan sebagai bonsai,refferensinya bisa kalian lihat artikel kami tentang Bonsai Buxus Microphyla.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner