Sunday, November 24, 2019

Pohon Ginje Berdaun Menyerupai Lohansung

Pohon ginje kerap kali kita jumpai di area pemakaman umum maupun di tepi jalan yang memiliki daun seperti Lohansung. Ginje (Thevetia peruviana) adalah tumbuhan obat yang beracun yang berasal dari Meksiko selatan dan Amerika Tengah. Tumbuhan ini dapat mengobati cantengan (radang sebelah kuku) ataupun kelainan kulit bagi pengobatan luar.
Pohon Ginje atau Ki hujan

Ginje adalah sejenis tanaman perdu atau semak yang memiliki banyak cabang. Tumbuh tegak setinggi 2-5 meter. Pohon kecil hijau abadi, yang kulit batangnya tersebut dilapisi oleh lilin untuk mengurangi kehilangan air. Batangnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi abu-abu sesuai kenaikan umur.

Ginje mimiliki sifat kimia yang pahit, hangat, dan berasa pedas serta memiliki efek menguatkan jantung, menghilangkan bengkak, obat cacingan, serta peluruh kemih. Tanaman ginje memiliki manfaat sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit jantung, seperti gagal jantung atau jantung berdebar; mengobati radang kuku atau cantengan; membunuh serangga, seperti belatung dan lalat; menurunkan panas pada tubuh.

Meskipun demikian,berhati-hatilah dalam menggunakan tanaman ini kaarena pohon ginje ini juga bisa meracuni. Gejala keracunan yang mungkin akan dirasakan adalah tidak napsu makan, nyeri pada lambung, mual, muntah, lesu, air liur berlebihan, mencret, napas pendek, sakit kepala, pusing, pupul mata melebar, jari terasa dingin, denyut jantung berhenti.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner