Friday, September 13, 2019

Menanam Tanaman Hasil Cangkok

Mencangkok tanaman merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperbanyak tanaman dengan persentase kehidupan yang lebih tinggi. Selain dari pada itu juga jika buah-buahan,ia akan memiliki kualitas yang sama dengan induknya juga lebih cepat berbuah dibanding dengan perkembangbiakan melalui biji.

Cara ini dapat dilakukan di semua musim,tapi yang paling bagus adalah ketika musim penghujan karena tingkat kelembabannya tinggi. Musim kemarau juga bisa mencangkok,tapi dengan menggunakan media yang bisa menyimpan air dan caranya bisa kalian baca pada artikel kami tentang Cara Mencangkok di Musim Kemarau.

Setelah tanaman yang kita cangkok sudah keluar akar,kita bisa memotongnya.
Menanam Tanaman Hasil Cangkok

Kurangi daun dengan cara di prunning menggunakan gunting,tujuannya untuk mengurangi penguapan dan tingkat stress tanaman.
Menanam Tanaman Hasil Cangkok

Kemudian buka penutup cangkoknya,disini saya mencangkok menggunakan media Moss sehingga ketika dibuka plastik penutup cangkokannya tidak pecah dan akarpun tetap aman.
Menanam Tanaman Hasil Cangkok

Tanam pada pot/polybag dengan menggunakan media yang poros. Bisa menggunakan campuran pasir+tanah+sekam atau media apa saja seperti yang sering kita pakai untuk menanam. Jika mau menggunakan tambahan pupuk,usahakan dengan pupuk organik yang sudah jadi,maksudnya yang bukan pupuk baru yang sifatnya masih panas.

Setelah kita tanam,jangan lupa untuk memberinya tiang penyangga,tujuannya supaya tidak roboh tertiup angin atau kesenggol karena akar masih belum kuat.
Menanam Tanaman Hasil Cangkok

Siram sampai basah lalu letakkan ditempat yang teduh atau yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 3 hari sampai satu minggu. Setelah itu baru bisa kita pindahkan pada tempat yang terbuka.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner