Monday, April 22, 2019

Melati Kosta

Melati kosta (Brunfelsia Uniflora) atau Melati mentomori termasuk jenis tanaman perdu tegak dengan tinggi antara 1-3 meter. Bearakar tunggang,berbatang bulat, keras, kasar dan banyak cabang. Daunnya lonjong dengan ujung lancip. Bunga tunggal dan berkelopak. Ada jenis lain yang kelopak bunganya lebih besar (4-5 cm) namun hanya bertahan dua hari saja.
bunga melati kosta
Bunga melati kosta,img credited to kebun cantik

Konon tanaman ini berasal dari Brazil yang memiliki kurang lebih 50 spesies. Habitat alaminya tumbuh di tempat yang terbuka dengan udara yang cukup sejuk dan sinar matahari cukup. Jika ingin menanamnya dalam pot maka media yang cocok adalah tanah subur yang gembur dan memerlukan cukup air.

Bunga ini disebut juga dengan bunga yesterday, today and Tomorrow. Hal ini disebabkan karena warna bunganya yang berubah-ubah. Pada saat kuncup berwarna biru keunguan, lalu menjadi biru, dan selanjutnya dalam dua hari menjadi putih kebiruan.

Tumbuhan ini memiliki bunga tunggal dan berbau harum di malam hari. Tumbuhan ini dapat tumbuh dan hidup subur dengan ketinggian di bawah 1.400 meter di atas permukaan laut dan tahan pangkas. Untuk mengembangbiakkannya dapat diperbanyak dengan cara setek, cangkok dan bisa ditanam dengan biji.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner