Wednesday, May 8, 2019

Pohon Bulu

Pohon Bulu ada yang menyebutnya juga dengan Bunut ini merupakan jenis tanaman dari keluarga Ficus atau sejenis beringin. Di beberapa daerah juga disebut dengan pohon iprik/ipik yang sudah merupakan sebutan bagi pohon belibis atau beringin karet atau Pohon Preh. Terlepas dari perbedaan penuebutan tersebut,disini kami mau membahas sedikit tentang 'Pohon Bulu'.

Bulu atau Bunut ini dikenal ada 3 jenis yang terdapat di Indonesia atau yang umum dijumpai di alam liar,diantaranya adalah Bunut Putih (ficus glauca),Bunut Mangkok (ficus virens) dan Bunut Merah (ficus glabella).
Pohon Bulu

Ketiga jenis tersebut memiliki kemiripan,yaitu bentuk daun yang lonjong dan agak besar. Di alam liar biasa kita jumpai dalam ukuran yang sangat besar pohonnya. Untuk pohon yang kecil kecil biasanya kita jumpai menempel pada batang pohon lain. Hal itu disebabkan karena buah dari pohon bulu dimakan oleh burung kemudian bijinya keluar bersama dengan kotoran burung tersebut dan jatuh pada batang-batang pohon yang kemudian biji tersebut tumbuh.

Bagi kalangan pebonsai,pohon ini juga sering dijadikan sebagai bahan bonsai,tapi tak begitu banyak yang menggarap tanaman ini menjadi primadonanya,mungkin karena daunnya yang susah mengecil. Tapi bagi sobat bonsai yang ingin membuat bonsai dari pohon bulu,silahkan lihat pada artikel kami tentang Bonsai Pohon Bulu yang mungkin dapat membangkitkan imajinasi dalam membuat karya bonsai dari material pohon bulu.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner