Sunday, May 19, 2019

Pohon Bunga Wisteria

Wisteria merupakan pohon merambat dengan bunga menggantung yang indah. Bunga wisteria juga banyak dijadikan model bunga buatan (artificial) karena keindahannya.Bunga yang termasuk dalam keluarga Fabaceae mempunyai 8 spesies, antara lain:
  1. Wisteria brachybotrys Siebold & Zucc.
  2. Wisteria brevidentata Rehder
  3. Wisteria floribunda (Willd.) DC. – Japanese wisteria
  4. Wisteria frutescens (L.) Poir. – American wisteria
  5. Wisteria macrostachya (Torr. & Gray) Nutt. ex BL Robins. & Fern. – Kentucky wisteria
  6. Wisteria sinensis (Sims) DC. – Chinese wisteria
  7. Wisteria venusta Rehder & Wils.
  8. Wisteria villosa Rehder
Di USA, Wisteria dapat tumbuh didaerah panas dengan zona tumbuh dikelompokkan dalam skala 5-9, dan membutuhkan tanah atau media tanam yang porous. Wisteria dapat tumbuh dibawah naungan, tapi bunga hanya akan muncul begitu terekspose sinar matahari sebagian atau terpapar sinar matahari penuh. Wisteria juga hanya akan berbunga setelah melampaui usia pertumbuhan dan masuk usia dewasa, masa transisi yang di negara-negara 4 musim dapat mencapai 20 tahun, m\rata-rata 3 sampai 15 tahun, namun sebenarnya Wisteria dapat tumbuh hingga berusia ratusan tahun.
Pohon Bunga Wisteria

Wisteria diperkenalkan dari China ke Eropa dan Amerika Utara pada tahun 1816 dan berhasil menjadi salah satu tanaman ornamen merambat terpopuler untuk taman dan perumahan dengan kebiasaan berbunganya yang mengagumkan, akan tetapi tanaman ini menjadi sangat invasive dibeberapa wilayah.

Wisteria dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 20 – 30 meter jika diberi penyangga yang membentuknya menjadi pohon atau melilitkannya pada penyangga sesuai keinginan. Daun Wisteria berkilat, berwarna hijau terang, dengan panjang tangkai dapat mencapai 10-30cm, dengan 9 sampai 13 helai daun pada setiap tangkainya.

Bunga wisteria berwarna Putih, Violet atau Biru, dengan untaian bunga sepanjang 15 cm – 20cm yang muncul di musim semi pada pertengahan bulan Mei, dan menyebarkan harum yang serupa wangi anggur. Meski tanaman ini tergolong tanaman merambat, Wisteria bisa diperlakukan dan dibentuk menjadi pohon berbunga rimbun dan bisa dibuat bonsai,silahkan lihat pada rtikel sebelumnya tentang Bonsai Bunga Wisteria.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner