Saturday, March 23, 2019

Mengenal Program Tanaman Bonsai

Bonsai adalah satu-satunya seni yang melibatkan objek hidup sebagai medianya. Jika ingin memiliki bonsai yang bagus dan memiliki kesan tua dengan kombinasi perakaran,percabangan,perantingan sesuai gerak dasarnya,maka harus lebih banyak pupuk sabar dalam menikmati proses tersebut karena memang tidak ada pembuatan bonsai yang instant.

Beberapa metode pemrograman tanaman untuk bonsai yang paling umum adalah "Ngelos" atau meliarkan tanaman. Metode ini yang paling cepat untuk membentuk perakaran,keseimbangan serta penutupan bekas luka pada bagian tanaman. Sekali lagi kata "cepat" disini waktunya bukan harian atau mingguan,yaitu tetap tahunan.
Mengenal Program Tanaman Bonsai
bonsai-sancang-Trang Jira‎

Cepat disini jika dibandingkan dengan tanaman yang berterusan di tanam pada pot ceper. Selain program pengelosan (ground) juga terdapat beberapa programan yang dilakukan untuk membuat bonsai,yaitu,

1. Menggabung
Proses ini dilakukan untuk menghasilkan satu tanaman dengan cara menggabungkan beberapa batang tanaman menjadi satu. Tehnik ini bertujuan untuk menghasilkan tanaman dengan ukuran tertentu dalam waktu yang cepat,tapi tidak semua jenis pohon bonsai bisa diprogram seperti ini. Contoh tanaman yang bisa diprogram seperti ini adalah Jenis Ficus (beringin), Asam,Anting putri,Kawista dll.

2. Menempel
Jika proses penggabungan adalah dengan menggunakan banyak batang tanaman,tehnik menempel ini kurang lebih sama. Tujuannya untuk membentuk tanaman yang kurang sempurna. Menempel bisa untuk memperbaiki struktur tanaman yang rusak,membentuk percabangan baru,memperbaiki struktur perakaran supaya terlihat seimbang. Tehnik ini juga tidak bisa diaplikasikan ke semua jenis tanaman.

3. Pecah Batang
Pecah batang bertujuan untuk
membesarkan batang bawah supaya terlihat lebih dinamis dan sebagai awal dari program akar. Proses seperti ini dilakukan dengan cara memecah atau membelah batang tanaman menjadi 4 atau lebih. Proses ini sangat efisien untuk mempercepat pembesaran batang.

4. Pecah Akar
Setelah proses pecah batang,pecah akar pun dapat dilakukan untuk membentuk perakaran yang bagus menjuru ke segala arah.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang beberapa jenis programan untuk membuat bonsai. Masih ada beberapa yang mungkin akan kami bahas di artikel selanjutnya dan salam bonsai.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner