Sunday, March 24, 2019

Pohon Namnam / Nam-naman

Pohon Namnam atau ada yang menyebutnya dengan anjing-anjing atau sawo pancukan ini adalah nama sejenis pohon buah dari suku polong-polongan (Leguminosae alias Fabaceae). Pohon berbuah masam ini dikenal pula dengan beberapa nama lain seperti namu-namu, namo-namo, namet , namute, lamute, lamuta, klamute. Juga Puki Anjing, pukih, kopi anjing, puci anggi, puti anjeng.

Nama ilmiahnya adalah Cynometra cauliflora, merujuk pada bunga dan buahnya yang muncul di batang (cauliflory). Termasuk jenis tanaman perdu atau pohon kecil, tinggi antara 3-15 m. Batang berbonggol-bonggol, dengan kulit batang yang halus berbintil, kecoklatan atau abu-abu. Bertajuk agak rapat, dengan ranting yang berkelak-kelok zigzag. Daun majemuk dengan sepasang anak daun, bertangkai 2-8 mm. Anak daun lonjong sampai bundar telur miring tidak simetris, hampir tak bertangkai, seperti jangat, menggantung, hijau tua berkilap.

Daun muda berwarna putih atau merah jambu terang, menggantung lemas serupa saputangan.Buah polong berdaging tebal, berbentuk ginjal keriput berujung meruncing, bergantungan di batang, coklat bersisik ketika muda dan kehijauan atau kekuningan apabila sudah masak, rasanya masam sampai masam manis. Berbiji sebutir, berbentuk ginjal pipih.(dilansir dari wikipedia)

Berikut adalah contoh gambar daun pohon nam-nam dan juga buahnya yang keluar dari batang pohonnya.
Pohon Namnam / Nam-naman
Daun pohon nam-nam

Pohon Namnam / Nam-naman
Buah pohon nam-nam

Semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner