Tuesday, January 29, 2019

Pucuk Merah

Pohon Pucuk Merah (Syzygium oleana) adalah salah satu jenis tanaman hias yang bentuknya menyerupai pohon cengkeh. Disebut Pucuk Merah karena daun muda atau pucuknya ketika tumbuh akan berwarna merah, sedangkan daun yang sudah tua berwarna hijau. Pohon ini tergolong dalam family Myrtaceae yang masih berkerabat dekat dengan tanaman jambu air, salam, Juwet, jambu dan masih banyak lagi.Ciri khas dari jenis tumbuhan ini jika daunnya diremas akan mengeluarkan aroma khas sebagainya kandungan minyak atsiri yang terdapat pada berbagai jenis Syzygium.
pohon pucuk merah

Tanaman Pucuk Merah ini sering ditanam dipinggir jalan, halaman maupun dipekarangan rumah sebagai peneduh atau penghias taman. Pucuk merah dapat diperbanyak bisa dengan 2 cara yakni cara Vegetatif dan cara generatif.Dengan Biji, cangkok ataupun stek batang. Daunnya berupa daun tunggal berbentuk lancet; bertangkai sangat pendek hampir duduk ; tumbuh berhadapan,permukaan daun bagian atas mengkilat, warna daun mengalami perubahan ketika baru tumbuh ber warna merah menyala, kemudian berubah menjadi coklat, lalu berubah lagi menjadi warna hijau.

Saking mudahnya untuk dikembang biakkan dan tahan terhadap hama dan penyakit serta pertumbuhannya yang cepat,tanaman ini pun sangat mudah untuk kita jumpai.Harganya juga relatif murah jika kalian ingin membelinya,atau ketika ada pohon pucuk merah yang sudah agak besar biasanya ada bijinya jika mau menanamnya sendiri dari biji.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner