Tuesday, December 4, 2018

Bonsai Penjing

Penjing (bahasa Tionghoa: 盆景; pinyin: pén jǐng; arti harfiah pemandangan nampan) atau penzai adalah seni Cina kuno dalam menanam pohon atau tanaman yang dibuat supaya tetap berukuran kerdil dengan cara pemangkasan untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang memenuhi kriteria estetika dan tercipta ilusi mengenai usia tanaman. Pada umumnya, penjing dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan subjeknya,yaitu: penjing pohon (shumu penjing), penjing pemandangan/lanskap (shanshui penjing), dan penjing air dan tanah (shuihan penjing).
Bonsai Penjing

Seni bonsai Jepang awalnya berasal dari penjing (bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai). Secara umum, perbedaan visual yang utama antara bonsai dan penjing adalah pada bentuk. Bonsai cenderung memiliki bentuk-bentuk yang lebih sederhana (tampak lebih "halus"), besar dahan melebihi proporsi, dan ditanam dalam pot berbentuk sederhana dengan warna suram atau warna tanah. Sebaliknya, penjing didesain dalam berbagai bentuk yang tampak "liar", dan dapat ditanam di pot yang berwarna cerah atau bentuk-bentuk lain yang lebih kreatif.

Penggemar tanaman mini di luar Asia sering mengaburkan perbedaan penjing dan bonsai dengan maksud mengeksplorasi potensi tumbuhan dan bahan-bahan pot, serta ingin terbebas dari gaya dan teknik-teknik tradisional. Di berbagai taman Cina klasik dapat dijumpai miniatur tanaman dan ornamen batu yang disebut penjing. Pohon-pohon dipangkas secara teliti dan ditampilkan dengan paduan batu-batuan sebagai perwujudan dari ukiran benda hidup atau puisi tiga dimensi. Komposisi seni ini berusaha menangkap semangat alam, dan membedakannya dari tanaman biasa dalam pot. (wikipedia)

Secara singkat artinya menggabungkan beberapa unsur alam dalam satu wadah dan membentuknya menjadi sebuah karya miniatur pesona alam yang meliputi tanaman,bebatuan dan unsur-unsur lain yang termasuk di dalamnya.Berikut adalah Contoh Bonsai Penjing yang dapat kalian tiru gaya dan bentuknya untuk hasil karya kalian dirumah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner