Sunday, February 2, 2020

Pohon Lempeni

Lempeni atau Ardisia elliptica adalah tanaman yang selalu hijau, berasal dari pantai barat India, Sri Lanka , Indochina , Malaysia , Indonesia dan New Guinea. Tanaman ini memiliki tingkat reproduksi yang tinggi sehingga cenderung menjadi spesies invasif di lokasi lain di daerah tropis yang menanamnya sebagai taman hias.

Tumbuhan ini hidup membentuk semak semak yang bisa mencapai ketinggian hingga 5 meter. Tanaman yang tidak rusak di habitat hutan yang ditandai dengan batang tunggal, dengan cabang pendek dan tegak lurus. Daun berbentuk jorong sampai bulat panjang, dengan tekstur halus mengkilat.
lempeni

Perbungaan berbentuk payung berkembang di axils daun dari cabang daun. Kelopak putih hingga warna merah muda. Buah-buahan tunggal bergerombol, mula-mula berwarna hijau kusam dan berubah menjadi merah saat mereka dewasa dan kemudian ungu / hitam. Buah yang masak bisa membuat jari berwarna ungu, ukuran sekitar 5-6 mm. Benih yang kurang lebih berbentuk bulat dengan diameter sekitar 5 mm.

Kalau kita berjalan menyusuri sungai,biasanya kita lihat jenis tanaman ini. Di daerah saya Magelang juga cukup mudah ditemui baik di sungai besar (elo,progo) dan sungai sungai kecil lainnya. Tumbuh rimbun dan pada musim-musim tertentu buahnya banyak.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner