Saturday, January 18, 2020

Tips Membeli Bonsai atau Bibit Bonsai Online

Dunia bonsai saat ini sedang mulai pesat perkembangannya di Indonesia. Menurut hemat pandangan saya yang saya lihat dari komunitas-komunitas bonsai baik lokal maupun nasional yang ada di facebook, anggotanya terus bertambah. Setahun belakangan ini yang agak pesat.

Hobi bonsai seakan menjadi sebuah trend,ada yang memang benar hobi dan ada yang hanya sekedar mengguyupi atau ikut-ikutan membuat bonsai. Mungkin mereka minat untuk ikut bermain bonsai karena tanaman bonsai memiliki nilai jual yang bagus,tapi mereka masih minim pengetahuannya tentang cara membuat bonsai yang bagus.
Tips Membeli Bonsai atau Bibit Bonsai Online

Bonsai yang memiliki nilai jual adalah bonsai yang berkarakter,mulai dari akar,batang dan percabangan serta perantingannya. Prosesnya juga lama lho ya bukan sebulan dua bulan langsung jadi. Jadi buat pemula,saran saya adalah cintai dulu tanaman maka kamu akan menikmati proses membonsai yang tidak sebentar. Jangan mudah tergiur oleh materi.

Berkembangnya dunia bonsai di tanah air membawa keberkahan bagi para penjual bibit tanaman bonsai. Ada pedagang yang memang sudah lama,tapi banyak juga pedagang bonsai yang baru bermunculan menawarkan bibit tanaman bonsai,bahan dongkelan,bonsai setengah jadi maupun bonsai matang via online. Tapi di dunia online saat ini,penipuan-penipuan banyak terjadi dan kerap saya baca di forum maupun komunitas bonsai.

Pedagang-pedagang nakal seperti inilah yang membuat orang-orang takut untuk berbelanja bonsai secara online dan tentunya sangat merugikan pedagang bonsai yang jujur dan amanah.

Kami disini ingin memberikan tips aman untuk membeli bonsai maupun bibit tanaman bonsai secara online untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan.

Langkah pertama ketika Anda lihat tawaran bonsai maupun bibit bonsai. Kenali dulu akun facebooknya,lihat profilnya,seberapa banyak temannya dan reputasi bisnisnya. Pedagang yang jujur biasanya memposting barangnya yang sudah dikemas untuk dikirim. Feedback atau respon pembeli biasanya juga ada,chat transaksi/komunikasi dengan pembeli juga biasanya mereka upload.Foto-fotonya juga merupakan foto asli.

Kami team sobat bonsai sangat menghimbau kepada seluruh penghobi bonsai jika ingin bertransaksi bonsai sebelumnya kenali dulu penjualnya. Jangan mudah tergiur dengan barang bagus tapi murah. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan,tetap berkarya dan salam bonsai mania.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner