Sunday, January 12, 2020

Pohon Ilek atau Holly

Pertama kali saya kenal dengan pohon ILEX atau HOLLY ini ketika saya berkunjung ke desa tanaman hias yang ada di desa Kopeng Jawa Tengah.Awalnya saya kira pohon Mirten karena daunnya hampir mirip.Namun setelah saya perhatikan lalu tanya penjualnya ternyata namanya pohon ilek.
Pohon Ilek atau Holly

Ilek yang ada di Indonesia umumnya jenis (Ilex akuifolium) yang berasal dari Aceh. Dalam bahasa lokal di Aceh disebut dengan pohon mingkrut.Termasuk jenis tanaman semak,daunnya hijau mengkilat dengan tepi daun berigi dan berduri juga di bawah ketiak daun,daun keras. Pohon ini juga berbuah dengan bentuk buah bulat kecil-kecil berwarna merah seperti buah Pyrakanta.

Pohon ilex bisa tumbuh besar dengan tinggi dapat mencapai 15 meter. Di alam liar pohon ini hanya tumbuh di perbukitan batu cadas di Aceh.

Sekarang pohon ini sudah banyak di budidayakan karena bentuk daunnya dan karakter pohonnya yang baik dan bisa untuk dijadikan sebagai Bonsai. Bagi kalian sobat bonsai yang ingin membuat bonsai dari material pohon ilex,silahkan lihat Gambar Bonsai Ilex (Klik saja) pada artikel kami selanjutnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner