Monday, January 21, 2019

Pohon Bunga Mirten

Mirten atau tanaman dengan nama ilmiah Malphigia Caccigera ini merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang berasal dari Hindia Belanda dan populer sebagai tanaman bonsai. Tanaman mirten ini memiliki karekateristik  berbatang tidak begitu besar tapi keras , memiliki ranting berukuran kecil , menjulur dan memanjang. Daun tanaman mirten ini tumbuh padat , rimbun , berukuran kecil bergelombang dengan bentuk umumnya bergerigi berwarna hijau tua dan hijau muda dan berduri di bagian tepi daunnya.

Mirten ini memiliki bunga berukuran kecil berwarna putih dengan corak kuning disalah satu bagian. Tanaman  ini juga memiliki buah yang muncul pada usia tertentu, buah mirten berwarna merah dengan kuncup di bagian ujungnya. Tanaman yang berasal dari Hindia Barat ini tumbuh subur di segala jenis tanah, terutama di tanah liat.
Pohon Bunga Mirten
Bunga Mirten

Daun tunggal, letaknya berhadapan, bentuknya oval dengan pangkal membulat, bagian tepi terdapat bagian-bagian yang bergigi menyerupai duri, panjang 1-2cm, permukaan mengkilap , warnanya hijau tua. Bunga di ketiak, warnanya putih atau ros pucat. Buah keras (1-2 buah), besarnya sekitar 1cm, bertangkai, berwarna merah, dan berbiji.

Perbanyakan dengan cara stek batang. Tanaman ini juga dikenal dengan Kelingkit Taiwan dan dipercaya sebagai tanaman obat yang fungsinya untuk menghilangkan panas, bengkak dan dahak Bagian yang digunakan sebagai obat adalah daun dan akarnya. Daun digunakan untuk menghentikan muntah akibat lambung panas, janin dalam kandungan bergerak terus karena ibu terlalu panas, gelisah, sukar tidur (insomnia), lidah kaku, rematik, dan, hepatitis.

Dikalangan pecinta bonsai,tanaman ini sangat populer untuk dijadikan sebagai bonsai meskipun pertumbuhannya sangat lambat.Bunga-bunganya sangat eksotis sehingga membuat tanaman ini terlihat manis ketika dijadikan bonsai.Lihat contoh bonsai dari material Pohon Mirten pada artikel kami tentang Bonsai Mirten.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner