Wednesday, January 29, 2020

Pohon Buah Jeruk Swiss

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan).Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit.

Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya.
jeruk brazill

Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Salah satu jenis jeruk yang populer di kalangan pebonsai tanah air addalah Jeruk Swiss (Citrus myrtifolia). Pohon jeruk yang satu ini memiliki daun yang berukuran kecil dan jarak antar daunnya bisa sangat rapat. Ada yang menyebutnya dengan Jeruk Brazil,saya masih belum paham apakah antara jeruk swiss dan jeruk brazil itu sama hanya beda penyebutan ataukah beda jenis tapi disamakan.

Jeruk swiss ini dapat menghasilkan buah dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan jeruk manis (citrus sinensis). Umumnya ditanam dalam pot sebagai tanaman buah dalam pot dan untuk Bonsai maupun untuk buah komersial. Kerapatan daunnya sangat menarik untuk dijadikan sebagai Bonsai,bagi yang ingin membuat bonsai dengan material pohon jeruk yang satu ini,silahkan lihat artikel kami tentang Bonsai Jeruk Swiss untuk melihat refferensi bonsai yang dibuat dari material pohon tersebut.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner