Tuesday, January 28, 2020

Hingkip (serbin varigata)

Serbin atau seribu bintang varigata Serissa foetida var adalah jenis tanaman bunga dalam family Rubiaceae. Penyebutan hingkip sendiri merupakan bahasa penyebutan di Indonesia khususnya dalam dunia perdagangan tanaman hias,bukan kingkit lho ya,kalau kingkit adalah jenis tanaman jeruk yang kecil-kecil. Ada juga yang menyebutnya dengan merten/mirten.

Dalam bahasa Inggrisnya,tanaman ini dikenal dengan snowrose , tree of a thousand stars ataupun Japanese boxthorn dengan nama ilmiah Serissa foetida. Di Indonesia lebih dikenal dengan Seribu bintang karena bunganya yang kecil-kecil dan banyak.
Hingkip (serbin varigata)

Hingkip atau seribu bintang varigata ini banyak dijual di toko penjual tanaman hias. Ciri-cirinya sangat mudah di hafal yaitu berdaun kecil agak bulat dan warna daunnya khas varigata (hijau putih/kekuningan) seperti gambar diatas. Biasanya ditanam untuk keperluan border taman,tanaman hias dalam pot dan juga untuk bonsai.

Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang lambat sehingga untuk mendapatkan ukuran batang yang sesuai untuk keperluan bonsai itu lumayan lama. Cocok untuk dijadikan sebagai bonsai berukuran kecil yang lucu dan imut.

Perawatan untuk jenis tanaman ini sangat mudah,hanya perlu penyiraman seperti merawat tanaman pada umumnya. Untuk mengembang biakkan tanaman ini juga mudah,yaitu dengan stek batang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner