Monday, October 14, 2019

Tanaman Sabrina atau Rombusa

Rombusa (Tabernaemontana corymbosa) adalah spesies bunga dari keluarga apocynaceae yang dapat ditemukan di Brunei, China, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Tanaman ini adalah tanaman perdu kecil bersifat semak, terlihat rimbun daunnya, berbunga putih kecil dengan bentuk seperti bintang.

Rombusa sangat cocok sebagai tanaman penutup tanah, tanaman pagar, tanaman border atau pembatas. Tanaman ini sangat tahan panas dan kering. Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh optimal: dataran rendah – tinggi, suhu panas maupun dingin Kebutuhan sinar matahari: partial shade (di bawah naungan / teduh) sampai full sun.

Terdapat beberapa varian rombusa,ada yang berdaun hijau,kekuningan dan silver. Ukuran daunnya juga ada yang besar dan ada yang kecil,bunganya putih ada yang biasa dan ada yang bertumpuk. Posisi bunga berada di atas.

Bagi orang yang masih pemula di Perbonsaian biasanya menganggap tanaman ini sebagai Anting Putri. Jika hanya melihat refferensi gambar dari google saja pasti susah untuk mengenal jenis tanaman yang bisa di bonsai. Saran kami,silahkan sering berkumpul dengan para pebonsai untuk lebih jelasnya.

Rombusa ini memang idealnya adalah untuk tanaman taman,tapi jika hanya sekedar untuk iseng saja,silahkan kalian bisa membuatnya untuk bonsai dalam pot dangkal,refferensinya adalah seperti gambar dibawah.
Tanaman Sabrina atau Rombusa

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner