Thursday, August 8, 2019

Asam Belanda Varigata

Asam belanda atau Asem Londo adalah salah satu dari beberapa jenis Pohon asam yang terdapat di Indonesia. Tanaman ini  memiliki nama latin (pithecellobium dulce) yang masih dalam famili Fabaceae atau tanaman polong-polongan. Di beberapa daerah,pohon ini sering ditanam di pinggir jalan untuk perindang dan juga di taman. Tingginya sampai 10 m dengan ranting membulat dan tidak berbulu dilengkapi dengan duri penumpu yang lurus dan berpasangan panjangnya. Daunnya majemuk bersirip ganda dengan hanya satu pasang anak daun, tangkai anak daun beserta rakis panjangnya mencapai 7,5 mm, diakhiri oleh duri penumpu yang kecil.

Asam belanda sangat bagus untuk ditanam sebagai tanaman hias maupun untuk bonsai,terlebih yang jenis varigata karena memiliki tampilan yang menarik dari segi degradasi warna daunnya. Pupus dan daun mudanya berwarna pink kemudian berubah putih lalu menghijau. Berikut adalah beberapa foto dedaunan pohon asam belanda varigata.
Asam Belanda Varigata

Asam Belanda Varigata

Asam Belanda Varigata
Degradasi warna daun

Ada yang menyebut tanaman ini dengan nama Asem Kranji,tapi sebenarnya berbeda dari daun dan buahnya. Tanaman ini bagus untuk dijadikan Bonsai,silahkan bisa melihat refferensi di situs Sobat Bonsai Ini,dan berikut adalah contoh gambar bonsai yang dibuat dari material pohon asam belanda varigata.
Asam Belanda Varigata

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner