Wednesday, April 10, 2019

Pohon Sinyo Nakal

Pernah tidak kalian mendengar nama pohon Sinyo nakal?,mungkin masih asing ditelinga kita tapi sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan,di perkebunan maupun semak belukar. Pohon ini sangat mencolok perbedaannya dengan pohon lain terutama ketika berbunga dan berbuah.

Sinyo nakal (Duranta erecta L.) adalah sejenis tanaman perdu hias yang biasa ditanam orang sebagai pagar hidup atau komponen taman khususnya untuk jenis yang berdaun kuning. Konon tanaman ini dulunya berasal dari Amerika Tengah yang sekarang menyebar di semua tempat tropis, di beberapa tempat bahkan mulai menjadi gulma atau spesies invasif. Tipe pertumbuhannya membentuk semak atau perdu tahunan, kadang-kadang berupa pohon yang dapat mencapai 6 meter tingginya.
Pohon Sinyo Nakal
Bunga dan buah sinyo nakal

Tumbuhan dewasa dapat memiliki duri yang tidak tumbuh sewaktu tumbuhan masih muda. Daun berbentuk oval atau elips, agak bergelombang tepinya, tersusun berpasangan, warnanya mulai dari kuning cerah hingga hijau agak pekat, tergantung spesies dan lingkungan tumbuh (lebih terang, warna daun lebih cerah).

Bunga berwarna biru sampai ungu dengan rona putih, tersusun dalam satu cabang yang keluar dari ketiak cabang atau ujung cabang, berbunga sepanjang tahun. Buahnya berwarna kuning (hijau ketika muda), bulat, dengan diameter dapat mencapai 1 cm.Sangat indah ketika berbuah karena bergerombol seperti anggur.

Belum begitu banyak yang menjadikan tanaman ini untuk bonsai,padahal ada sesuatu yang bisa ditonjolkan yaitu bunga dan buahnya. Jika kalian ingin mencoba membuat bonsai dari tanaman jenis ini,kalian bisa melihat rekomendasi bonsai Sinyo Nakal melalui artikel kami tentang Bonsai Sinyo Nakal.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner