Thursday, February 14, 2019

Pohon Beringin (Ficus Benjamina)

Beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker”.
Pohon Beringin (Ficus Benjamina)

Pohon yang memiliki nama latin Ficus Benjamina ini juga dikenal dengan sebutan Weeping Fig di luar negeri. Di Indonesia dikenal sebagai beringin lokal atau beringin saja. Pohon ini termasuk pohon jenis perindang dan sering ditanam sebagai penghias taman dan juga sangat populer untuk Bonsai.

Pertumbuhan pohon beringin sangat cepat dan sangat mudah untuk ditanam karena pada dasarnya pengembang biakannya relatif mudah bisa dengan cara stek batang. Di alam sendiri,jenis beringin ini bisa tumbuh sangat besar,umumnya bisa kita jumpai di kuburan,tempat keramat bahkan di alun-alun kota.

Dimana ada pohon beringin yang besar biasanya banyak anakan beringin kecil yang menempel di kayu-kayu pohon lain di kawasan yang tak jauh dari pohon induknya. Anakan beringin tersebut merupakan hasil perkembangbiakan dari biji yang disebarkan oleh burung-burung pemakan buah dari pohon beringin tersebut.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner