Tuesday, November 13, 2018

Pohon Rukem/Rukam

Pohon Rukem atau Rukam (Famili : Flacourtiaceae) merupakan jenis tanaman yang dapat dijumpai di daerah Asia Tenggara dan juga India. Pohon ini tumbuh di daerah tropika basah sampai pada ketinggian 1.500 m dpl. Namun di alam liar ditemukan dapat tumbuh pada ketinggian 2.100 m dpl. Dalam bahasa Inggris buah Rukam atau Rukem ini disebut Indian Prune.

Di beberapa negara lain, beberapa nama diberikan seperti Rukam (Filipina), Ta Khop Thai (Thailand), Rukam Manis, Rukam Gajah, Rukem (Malaysia), Jawa Rukamu (Jepang). Sedangkan dalam Bahasa Latin, tanaman langka ini disebut sebagai Flacourtia rukam atau juga (sinonim) Flacourtia euphlebia.
Pohon Rukem/Rukam

Habitat alaminya di hutan primer dan sekunder. Rukam atau Rukem (Flacourtia rukam) adalah nama pohon penghasil buah. Keberadaan pohon rukam mulai langka di Indonesia, karena pohon ini ditanam sebagai tanaman pekarangan bukan tanaman budidaya buah komersial. Pohon ini juga sering dijadikan sebagai pohon Bonsai.

Memiliki karakteristik yang unik dengan daun tipis seperti daun tiruan (plastik) mengkilap dan pada bagian pucuk daun atau daun mudanya berwarna merah,berduri tajam.Perkembangbiakan pohon ini dengan cara dicangkok dan juga stek akar.

Habitat tumbuh pohon ini mirip seperti pertumbuhan Serut maupun Sisir, biasanya jika dalam suatu lokasi menemukan satu jenis pohon ini maka akan kita jumpai di lokasi yang agak jauhan jenis pohon ini lagi karena tumbuh dari akar-akar yang menjulur jauh yang berada di dalam tanah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner