Tuesday, November 6, 2018

Pohon Murbei

Murbei (Morus) atau di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan Bebesaran maupun besaran ini merupakan tanaman asli dari daerah utara cina, pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika,namun mayoritas spesies asli berasal dari Asia. Salah satunya yang terkenal adalah di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang telah mencapai usia diperkirakan lebih dari 120 tahun.

Murbei tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10–15 m. Daun murbei merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi.
pohon buah murbei

Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2–3 cm, berwarna merah bila masih muda dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan.Pohon murbei  terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, jenis andalas (Morus macroura) yaitu salah satu spesies Murbei, sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.

Pohon murbei ini juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai Bonsai karena buahnya yang muncul cukup banyak ketika sedang berbuah.Warna buahnya yang berwarna warni sesuai tingkat kematangan masing-masing menjadikan tanaman ini sangat bagus untuk ditampilkan menjadi sebuah bonsai dalam kondisi Prunning (tanpa daun) dan hanya menyisakan ranting-ranting dengan buahnya saja.Silahkan menuju artikel kami tentang Bonsai Buah Murbei untuk melihat contoh bonsai murbei yang ada.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner