Thursday, November 8, 2018

Pohon Santigi,Si Raja Kayu Bertuah

Stigi, Setigi, Santigi, atau Drini (Pemphis acidula) merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh di daerah pesisir berkarang, berbasir, atau di tepi hutan mangrove. Tumbuh di daerah beriklim tropis yang tersebar luas di pesisir Asia Selatan yang meliputi Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Srilanka. Juga hidup di Pesisir Australia bagian utara, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Mikronesia, Fiji, Guam, Kaledonia Baru, dan Palau. Pun di Afika Timur seperti Maladewa , Mozambik , Tanzania, dan Seychelles.
Pohon Santigi,Si Raja Kayu Bertuah
Salah satu jenis daun santigi budidaya

Pohon Stigi atau Santigi mempunyai tinggi rata-rata 4 meter, meskipun di beberapa kondisi bisa mencapai hingga 10 meter. Batang berkelok dan bengkok-bengkok dengan percabangan yang tidak teratur. Kulit batang berwarna abu-abu hingga coklat tua dan bersisik (pecah-pecah). Daun tunggal dan tumbuh bersilangan. Berwarna hijau pucat, berdaging tebal, berbentuk elips atau lonjong bulat telur dengan panjang 1-3 cm dan lebar 0,3-1 cm.

Khasiat magis tersebut antara lain untuk menangkal ilmu hitam (santet, tenung, dan guna-guna) dan segala daya negatif lainnya, meningkatkan kewibawaan dan kharisma pemakainya, memberikan kekuatan tubuh dan kekebalan, media pengasihan, melumpuhkan orang yang berniat jahat, serta menyerap berbagai bisa dan racun binatang.

Untuk memanfaatkan tuah dan khasiatnya, kayu Setigi dibuat menjadi berbagai aksesoris seperti tasbih, cincin dan batu cincin (akik), gelang, gagang tongkat, gagang dan sarung senjata (seperti keris), sabuk, hingga pipa rokok. Kekuatan energi yang dipunyai kayu Stigi (Mentigi) tergantung pada daerah asal kayu (pohon), cara pengambilan, dan orang yang mengambilnya.

Bagi para pelaku metafisika, kayu stigi dibedakan menjadi dua yaitu Stigi Laut (tumbuh di tepi laut) dan Stigi Daratan. Konon, kayu Stigi yang berasal dari Kepulauan Karimunjawa memiliki khasiat dan kualitas terbaik.

Di kalangan pebonsai,pohon santigi termasuk salah satu jenis tanaman terbaik untuk dibonsai karena memiliki kesan tua,karakter batang keras dan berdaun tebal.Kebanyakan pohon-pohon santigi yang sudah besar memiliki percabangan yang meliuk-liuk karena hidupnya di pinggiran pantai yang daya tiup anginnya cukup besar.

Santigi termasuk jenis bonsai Andalan di kawasan Asia,terutama di Indonesia.Berikut kami postingkan juga tentang gambar-gambar bonsai santigi yang bisa kalian lihat di artikel kami yang berjudul Bonsai Santigi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner