Thursday, November 1, 2018

Bunga Asoka

Bunga Asoka atau yang mepunyai nama Latin Saraca Indica ini adalah jenis pohon atau tanaman hias yang mana bunganya tumbuh secara bergerombol dan berderet dengan benang sari yang mencuat keluar seperti kembang api. Untuk warnanya, pohon ini sering kita jumpai dengan bermacam-macam warna bunga seperti Putih,kuning, jingga, merah.Asoka memiliki batang yang keras dengan tinggi yang dapat mencapai 7 meter, sedang daunnya majemuk dan berbentuk oval berujung lancip.

Pohon asoka adalah pohon yang dianggap suci oleh agama Hindu.Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian.
tanaman bunga asoka

Di Indonesia, dikenal ada dua jenis bunga asoka, yakni pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing.Biasanya tanaman ini digunakan untuk penghijaun maupun tanaman hias.

Orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api.Bunganya dapat digunakan untuk mengobati disentri hemoragik dengan cara ditumbuk halus serta dicampur air, kemudian bunga ini juga bisa dipakai sebagai obat bagi orang yang haidnya tidak teratur,dan dapat mengobati luka memar dengan meminum air rebusan dari bunga asoka.

Salah satu jenis tanaman bunga yang dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai karena keindahan bunganya,Asoka sangat bagus untuk dijadikan pilihan sobat bonsai sebagai salah satu koleksi bonsai dirumah.Untuk lebih menginspirasinya,silahkan sobat bonsai bisa membuka artikel kami tentang Bonsai Bunga Asoka.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner