Saturday, May 16, 2020

Pohon Waru Laut

Waru laut atau (Thespesia populnea), adalah salah satu jenis pohon tepi pantai dari anggota suku kapas-kapasan atau Malvaceae. Karakter tanaman ini berupa pohon perdu atau pohon rimbun. Pohon jenis ini menyebar luas di pantai-pantai tropis di seluruh dunia, meski diyakini berasal dari India.

Disebut dengan nama Portia Tree dalam bahasa Inggris, pohon ini dikenal sebagai baru laut (Simeulue), waru laut, waru lot, baru lot, beru lot (Md.), dan lain-lain.Pohon waru yang satu ini umumnya memiliki ukuran  tinggi antara 2–10 m. Tumbuh di pantai berpasir atau di bagian belakang dari hutan pasang yang tidak berawa.
Pohon Waru Laut

Daun bertangkai panjang, bundar telur bentuk jantung dengan tepi rata, seperti kulit; bertulang daun menjari, dengan kelenjar kulit kecil di antara pangkal tulang daun utama di sisi bawah daun. Daun muda bersisik coklat rapat. Bunga berdiri sendiri, di ketiak daun, naik dahulu kemudian tunduk, bertangkai panjang dan bersisik.

Daun kelopak tambahan 3, amat kecil dan lekas rontok. Kelopak seperti cawan, panjang 12–14 mm, dengan gigi yang sangat kecil. Mahkota bentuk lonceng, 6–7 cm, kuning muda dan akhirnya merah, dengan noda (bercak) ungu pada pangkalnya. Bergetah kuning. Buah kotak bentuk bola pipih sampai bentuk telur lebar, diameter 2,5–4,5 cm, tidak membuka atau membuka lambat. Bijinya berambut (source wikipedia)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner