Wednesday, February 5, 2020

Bonsai Asem Berbuah

Asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya, biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan. Tapi ada juga jenis asem yang manis rasanya yang dikenal dengan Sweet Tamarind,biasanya dijual di swalayan yang dibuangkus dalam kemasan dan masih dalam bentuk polong atau belum dikupas.

Pohon asam berperawakan besar, tinggi sampai 30 m dan diameter batang di pangkal hingga 2 m. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan, kasar dan memecah, beralur-alur vertikal. Tajuknya rindang dan lebat berdaun, melebar dan membulat. Pohon asam dapat tumbuh baik hingga ketinggian sekitar 1.000 m (kadang-kadang hingga 1.500 m) dpl, pada tanah berpasir atau tanah liat, khususnya di wilayah yang musim keringnya jelas dan cukup panjang.

Pohon asem sangat bagus untuk dibuat bonsai dan sudah sangat familiar di Indonesia.Sebagai pepohonan berbuah,ternyata pohon asam atau asem ini bisa mengeluarkan buahnya ketika sudah ditanam pada pot dangkal. Tentu faktor usia sangat berpengaruh untuk pohon asem bisa berbuah.

Berikut ada beberapa contoh bonsai pohon asem yang sedang berbuah.
Bonsai Asem Berbuah

Bonsai Asem Berbuah

Bonsai Asem Berbuah

Bonsai Asem Berbuah

Menarik bukan?,semoga bisa menginspirasi sobat bonsai di seluruh tanah air untuk membuat karya bonsai yang menarik untuk dilihat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner