Thursday, July 11, 2019

Cemara Sinensis/Juniperus Sinensis

Cemara sinensis atau Juniperus chinensis yang juga dikenal dengan Cemara Cina ini adalah jenis pohon Cemara yang tumbuh dengan bentuk yang sangat bervariasi, mencapai tinggi 1–20 m. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli dari Asia timur laut seperti di Tiongkok, Mongolia, Jepang, Korea dan tenggara Rusia.

Pohon ini biasanya digunakan sebagai Pohon hias yang populer ini di kebun atau taman karena dapat tumbuh dalam kondisi tanah yang keras atau matahari panas serta tanah berpasir, memiliki lebih dari 100 nama kultivar berdasarkan keterangan yang ada di situs wikipedia.Seperti dedaunan kuning (misalnya cvs. 'Aurea', 'Tremonia'), dedaunan permanen remaja (misalnya cv. Shoosmith '), bentuk mahkota kolumnar (cv.' Columnaris '), kerucut yang melimpah (misalnya cv.' Kaizuka ' ), dll.
Cemara Sinensis/Juniperus Sinensis
by Endang Bonsai

Pohon ini Pertama populer di Amerika Serikat di kebun Los Angeles di rumah-rumah bergaya Mediterania, dan sekarang umumnya ditemukan di sepanjang Pantai Barat dan Timur di pantai dan daerah pantai. Cemara sinensis juga selalu ikut meramaikan kontes Bonsai di berbagai negara seperti di Indonesia.

Batangnya yang lentur,mudah dibentuk membuat cemara yang satu ini banyak digemari oleh pebonsai. Dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Berdasarkan penelitian beberapa trainer bonsai,media tanam untuk cemara ini masing-masing daerah bisa berbeda untuk mencapai tingkat kesuburannya.

Media tanam untuk cemara sinensis bisa menggunakan media campuran seperti pasir malang,sekam dan kompos serta bisa menggunakan tambahan tanah.Silahkan lihat pada artikel kami tentang Bonsai Cemara Sinensis untuk melihat contoh bonsai cemara sinensis yang istimewa.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner