Saturday, October 27, 2018

Jeruk kingkit (Triphasia trifolia)

Jeruk kingkit (Triphasia trifolia) adalah jenis tanaman perdu yang merupakan kerabat jeruk-jerukan. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Limeberry . Tanaman ini memiliki nama berbeda-beda di setiap daerah. Nama jeruk kingkit sendiri adalah sebutan dalam bahasa Jawa, di Sunda disebut kingkip. Di daerah Madura disebut jeruk rante, dan di Makassar disebut lemo-lemo.
Jeruk kingkit (Triphasia trifolia)
Daun jeruk kingkit

Konon asal pohon jeruk kingkit ini dari kepulauan Malesia (dalam biogeografi merupakan sebutan bagi wilayah yang membentang dalam zona ekologi Indomalaya hingga Australasia.), kemudian menyebar ke pulai-pulau sepanjang samudera Pasifik termasuk kepulauan Nusantara.

Pertumbuhan pohon ini cukup rimbun dengan daunnya yang rapat membentuk semak atau perdu dengan ketinggian hingga 3m. Daunnya majemuk berjari tiga (trifoliata), berwarna hijau tua mengkilap. Mahkota bunganya berwarna putih dengan jumlah tiga, kecil (panjang 10-13mm). Buahnya merah, bertipe hesperidium dengan diameter hingga 1,5 cm.Buah Triphasia trifoliata berkhasiat sebagai obat batuk dan daunnya untuk obat sakit perut.

Namun biasanya tanaman ini ditanam sebagai penghias rumah atau sering dijadikan sebagai pohon bonsai yang sangat indah.Silahkan lihat keindahan Bonsai Jeruk Kingkit pada artikel Selanjutnya (klik saja).
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner