Friday, October 12, 2018

SISIR,Bahan Bonsai Lokal Yang Mudah Dijumpai

Bonsai sisiratau kaliage merupakan salah satu jenis tanaman lokal Indonesia yang pada tahun 1988 sampai tahun 1994 menjadi primadona perbonsaian di Indonesia.Tanaman ini umumnya dijumpai tumbuh di lereng-lereng.Jika di suatu tempat kita menemukan satu jenis tanaman ini biasanya ada yang lainnya karena pertumbuhan tanaman ini dari akarnya yang menjalar hingga berjarak cukup jauh.

Terdapat beberapa jenis pohon sisir,namun yang paling mudah untuk mengidentifikasi bahwa itu pohon sisir adalah memiliki batang yang berduri,daun tipis mengkilap,pangkal batang berwarna kemerahan dan ada bagian pucuk tanamannya yang juga berwarna merah.Tumbuhnya menjalar kemana-mana jika di alam liar.Memiliki kayu yang keras jika sudah besar.

Bagian akar pohon sisir juga berduri,jadi harap berhati-hati jika memasuki semak-semak yang banyak pohon sisirnya ini karena duri yang tumbuh ditanah juga cukup tajam.Berikut ini saya akan share beberapa bonsai yang berasal dari jenis Sisir atau kaliage untuk sobat bonsai ketahui dan mungkin juga bisa dibuat inspirasi dalm pembuatan bonsai.
bonsai sisir terbaik
Bonsai Sisir Koleksi Oka Sunarya (BALI)

bonsai sisir terbaik
Bonsai Sisir Koleksi Om Yoyong Yuwardan

bonsai sisir terbaik
Bonsai Sisir Koleksi Om Andi Sandi

bonsai sisir terbaik
Sisir Koleksi Benny Krismanto

Nah,itu tadi sekilas tentang pohon sisir yang memang sudah terbukti mampu bersaing di dunia perbonsaian. Pohon ini mudah hidup ditanam dari hasil dongkelan dari alam,tapi juga mudah mati jika kurang tepat dalam pemeliharaannya.Semoga bermanfaat dan salam-salam daun muda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner