Sunday, July 19, 2020

Tanaman Hias Kastuba

Kastuba atau poinsettia (Euphorbia pulcherrima) merupakan jenis tanaman subtropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah.Tanaman perdu ini memiliki tinggi 60 cm hingga 4 meter. Daun berbentuk oval, berwarna hijau tua, dengan panjang sekitar 7–16 cm. Bunga yang disebut cyathia bergerombol di ujung batang tersusun dalam rangkaian dan tidak mempunyai daun mahkota, tetapi di bawahnya terdapat daun bagian atas (disebut braktea) yang berwarna merah tua, merah jambu, dan putih. Daun tanaman bagian atas yang berwarna menarik inilah yang sering disangka sebagai bunganya.
Tanaman Hias Kastuba
Img credited to aradeapucukgarden8

Tanaman ini menyenangi sinar matahari pagi, tetapi senang keteduhan di saat hari mulai panas. Kastuba mudah kita jumpai di toko-toko tanaman hias,warna daunnya sangat memikat dengan warna merah menyala.Setelah kita beli dan dipelihara beberapa lama, biasanya kastuba sering tidak mau lagi berdaun merah seperti waktu baru dibeli.

Ada perlakuan khusus jika kita ingin memerahkan daun kastuba. Tanaman perlu diletakkan di tempat gelap dalam jangka waktu tertentu agar mau berbunga. Kita bisa mengakalinya dengan menutup bagian atas tanaman dengan menggunakan kain atau plastik hitam dan dijauhkan dari sinar matahari.

Kastuba bisa diperbanyak dengan stek, potongan cabang yang tua direndam di dalam wadah berisi air sebelum ditancapkan ke dalam media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan pasir. Sebelum dimasukkan ke wadah berisi air, getah yang ada pada batang harus dilap lebih dulu.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner