Friday, February 14, 2020

Unik,Ternyata Ada Pohon Pelangi

Pohon pelangi Rainbow eucalyptus atau Eucalyptus deglupta adalah pohon yang memiliki batang indah dan tampak berwarna-warni. Batang itu secara berkala menanggalkan lembar demi lembar kulit kayu lapisan hijau di bagian bawah.Lapisan ini kemudian berubah warna. Penanggalan dan perubahan warna terjadi pada waktu yang berbeda di berbagai bagian. Selain itu, berbagai warna baru pun dapat muncul.

Efek secara keseluruhan tampak exsotis dan dari hal tersebutlah pohon ini dinamakan "pohon pelangi". Untuk penyebutan nama lokal di beberapa tempat di Indonesia, pohon ini memiliki banyak nama seperti galang, koyo, leda, leda merah, ledan, leda putih, ongkolan, tampai,tambulilato, tomela (Sulawesi); aren, didia (Maluku). Pohon ini juga disebut pohon GI-Joe ,diambil dari kemampuannya berkamuflase seperti tentara (Lee, 2007).
Unik,Ternyata Ada Pohon Pelangi

Pohon ini bisa berukuran besar dengan tinggi dapat mencapai 40 m, dan diameter dapat mencapai lebih dari 100 cm. Batang sangat tegak, tidak berbanir atau kadang-kadang berbanir tinggi.Kulit batangnya licin, berwarna putih, mengelupas tidak teratur membentuk warna hijau, kuning serta coklat keunguan.
Unik,Ternyata Ada Pohon Pelangi

Daun tunggal; daun muda tersusun berhadapan, bentuk daun bundar telur-lanset; daun tua kedudukannya berhadapan hingga berselang-seling, bentuk daun bundar telur hingga bundar telur-lanset,; berukuran 7,5-15 (20) cm x 5-7,5 cm; ujung daun tumpul hingga melancip; bagian pangkal bundar atau tumpul; tulang daun sekunder menyirip tidak teratur.

Bunga majemuk bentuk payung, pada ketiak daun atau ujung ranting, tiap payung terdiri atas 3-7 bunga. Buah berbentuk bulat telur hingga membulat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner