Sunday, January 26, 2020

Pohon Tausi/ Kalimantan

Memang cukup banyak sekali jenis tanaman ataupun pohon lokal yang bisa dijadikan sebagai Bonsai. Ada serut,ada sisir,wahong dan sebagainya. Seperti juga jenis pohon yang satu ini yaitu Tausi atau pohon Kalimantan. Menurut cerita dari para senior di dunia bonsai,nama atau istilah penyebutan "Pohon Kalimantan" itu sebetulnya hanya candaan,karena yang lebih dulu membuatnya adalah pebonsai yang terinspirasi dari karakter-karakter pepohonan yang ada di Kalimantan.
Pohon Tausi/ Kalimantan
img credited to Sihab‎

Dengan nama Pohon Kalimantan tersebut ternyata bukan jenis pohon endemik Kalimantan. Tapi itu pohon dari Jawa barat (Bogor,Cipanas dll).Karena tidak tau nama tanaman nya lalu diberi nama pohon Kalimantan. Karena seolah-olah itu karakter pohon hutan tua seperti jenis pohon yang ada di Kalimantan,ujar senior yang pernah berbincang dengan para pebonsai lainnya.

Pohon tausi ini memiliki karakter seperti Anting Putri. Cepat besar dan cukup bagus. Daunnya sekilas mirip dengan daun Kemuning Lokal,tapi jika dibonsai dan diprunning, ukurannya bisa mengecil. Silahkan lihat pada artikel selanjutnya untuk melihat Gambar Bonsai Tausi/Kalimantan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner